Hilangkan Bau Mulut Selama Puasa!

Jaga kesehatan mulut dan gigi agar bebas bau mulut selama puasa. Gunakan voucher Lazada untuk potongan diskon tambahan!

Bau mulut merupakan isu umum yang biasa dialami oleh para umat Muslim ketika berpuasa, atau siapapun yang membiarkan perutnya kosong dalam jangka waktu lama. Bau mulut dalam istilah medis disebut sebagai Halitosis. Banyak faktor yang menyebabkan bau mulut. Bisa karena karena penyakit, merokok, gangguan ginjal, atau karena dan penyakit dalam. Faktor lainnya yaitu karena adanya bakteri yang berkembang di dalam mulut.

voucher lazada

Ketika puasa, biasa bau mulut timbul dari gas lambung ditambah dengan bakteri dalam mulut yang berkembang karena menurunnya produksi air liur. Terkadang memang bau mulut ini bisa membuat kita tidak nyaman. Apalagi jika aktifitas dan pekerjaan kita menuntut kita untuk sering berbicara dan berinteraksi dengan banyak orang. Tdak perlu khawatir, guys! Yuk ikuti tips berikut ini :

1) Tetap Memenuhi Kebutuhan Air Putih

voucher lazada

Tetap penuhi kebutuhan air putih selama puasa, yaitu 2 liter atau 8 gelas per hari. Minum sekian banyak air putih tidak perlu dilakukan sekaligus. Kamu bisa membagi kuota air di jam-jam sahur dan buka puasa. Misalnya, minum 2 gelas air putih ketika baru berbuka puasa, 4 gelas air sepanjang malam setelah makan, dan 2 gelas air ketika sahur. Atau 2 gelas air putih ketika baru berbuka, 2 gelas sepanjang malam, 2 gelas begitu bangun sahur, dan 2 gelas setelah makan sahur. Atau lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan strategimu sendiri, yang penting 8 gelas air putih terpenuhi. Lebih bagus lagi jika kamu bisa minum lebih banyak dari itu. Karena air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2) Floss + Sikat Gigi + Bersihkan Lidah

voucher lazada

Kedua adalah menjaga kebersihan mulut. Penting untuk membersihkan mulut secara keseluruhan, baik gigi maupun lidah. Pertama, setelah makan sahur atau buka puasa, gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan. Kedua, sikat gigi menggunakan pasta gigi, kemudian bersihkan lidah menggunakan pembersih lidah. Selain itu, penting juga untuk menggosok gigi dan membersihkan lidah (tapi tidak terlalu kencang) di siang hari atau ketika puasa berlangsung. Tujuannya adalah untuk menjaga nafas agar tetap segar dan bebas bau. Untuk itu, mungkin perlu membawa alat-alat pembersih mulut ke tempat kerja atau kampus.

3) Obat Kumur

voucher lazada

Satu hal lagi yang termasuk dalam menjaga kebersihan mulut adalah dengan menggunakan mouth wash atau obat kumur secara rutin. Hal ini adalah untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dan benang gigi. Selain itu, obat kumur juga akan membantu membunuh bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Yuk lengkapi alat kebersihan mulutmu dengan biaya terjangkau dengan menggunakan voucher Lazada dari shop.excite.co.id!

4) Perhatikan Menu Makanan

voucher lazada

Faktor yang tidak kalah penting dalam menghilangkan bau mulut adalah menu makanan. Tentu kamu perlu menghindari makanan yang berbau, seperti petai, jengkol, bawang atau makanan lainnya yang memiliki bau khas. Juga hindari makanan yang suka menempel di gigi, seperti marshmallow, cokelat, permen, dan sebagainya. Kecuali jika kamu segera membersihkan mulut setelah menyantap makanan tersebut. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan, karena makanan tersebut dapat membantu mengurangi bau mulut. Selain itu, minum teh hijau tanpa gula ketika berbuka juga dipercaya dapat mengurangi bau mulut. Monggo dicoba jika penasaran. Mau grocery shopping tapi bokek? Nikmati voucher Lazada dari shop.excite.co.id untuk potongan diskon gila-gilaan!

5) Hindari Rokok

voucher lazada

Puasa maupun tidak, merokok merupakan satu faktor utama timbulnya bau mulut. Asap rokok dapat menimbulkan peradangan dalam rongga mulut, berkembangnya penyakit gusi, dan gangguan pernapasan yang bisa menyebabkan timbulnya bau mulut. Bahan utama rokok yaitu tembakau dapat menghambat aliran darah ke gusi. Hal ini membuat gusi kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga rentan terserang infeksi. Selain itu, rokok juga berdampak pada kerusakan lapisan tulang dan jaringan pada gigi, juga akan mengubah warna gigi. Makanya guys, hentikan merokok yuk!

Itu tadi merupakan beberapa tips untuk menghilangkan bau mulut, terutama ketika puasa! Intinya, jaga kesehatan tubuh dan mulut, maka nafas akan segar dan tidak berbau. Yuk jaga kesehatan mulut dan gigimu! Jangan lupa gunakan voucher Lazada dari shop.excite.co.id untuk potongan diskonnya supaya kamu tidak perlu menghabiskan biaya terlalu besar!