Bingung Mau Root Android Kamu? Ikuti Langkah Mudahnya Disini!

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan smartphone Android. Beragam merek dan tipe bisa digunakan di sejumlah counter smartphone maupun ecommerce seperti Tokopedia, dan lainnya. Jika kamu adalah salah satu dari gadget freak yang doyan mengutak atik perangkat mobile, pastinya kamu sudah familiar dengan aktivitas root.  Banyak yang bilang kalau kamu punya android tapi belum di-root itu rasanya kurang afdhol. Namun, ada pula yang belum familiar dengan aktivitas root. Root Android itu sendiri adalah memodifikasi perangkat berbasis smartphone agar penggunaannya bisa lebih leluasa dalam mengakses semua file, command, dan sistem.

Namun, proses rooting tidak selalu berakhir bahagia lho, karena jika salah langkah saja bisa membuat  gadgetmu menjadi error. Tapi tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa langkah root Android baik melalui PC maupun tanpa PC.

1.  Cara Root Android dengan PC

  • Download dan install aplikasi untuk root Android

Salah satu cara root smartphone dengan PC yang cukup populer, aman,dan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi KingoRoot. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah dan gratis melalui laman atau situs penyedia aplikasi Android.

  • Pastikan smartphone kamu dalam kondisi penuh baterainya

Kondisi baterai yang penuh untuk menghindari ponsel mati pada saat proses rooting. Jika proses root berhenti di tengah jalan, smartphone kamu bisa mengalami kegagalan sistem dan terjadi kerusakan software dan sistem.

  • Pastikan kabel USB yang kamu gunakan berfungsi dengan baik

Selain kondisi baterai yang penuh, gunakan kabel USB yang compatible untuk menghindari terputusnya proses root. Banyak kabel USB yang berkualitas dan bisa kamu beli di counter aksesories smartphone atau melalui online di Tokopedia, dan lainnya.

  • Mulai melakukan root dengan aplikasi yang sudah diunduh

Jika semua sudah siap, berarti kamu sudah siap untuk proses root. Buka aplikasi KingaRoot dan klik tombol Root. Proses ini akan berjalan secara otomatis dan memerlukan waktu beberapa menit saja.

2.    Cara Root Tanpa PC


Melakukan proses rooting tanpa menggunakan PC terasa lebih mudah. Rooting tanpa menggunakan PC akan lebih mudah, karena kamu hanya perlu mengunduh aplikasi seperti Framaroot atau Towelroot yang cukup populer. Kamu hanya tinggal mengikuti langkah di aplikasi tersebut dan smartphone kamu akan di-root secara otomatis.
Nah, itu dia beberapa langkah mudah melakukan root hp android kamu. Walaupun proses rooting bisa dilakukan, namun ada baiknya kamu jangan tergesa-gesa ketika akan membeli smartphone. Pilihlah smartphone yang spesifikasinya sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Banyak smartphone yang bisa kamu pilih di Tokopedia, dan bahkan bisa Kamu dapatkan dengan beberapa keuntungan seperti potongan harga maupun promo menarik lainnya.

Leave a Reply