Penasaran Apa Saja Jenis Kuman Di Smartphone Kamu? Siap-Siap Jijik Yah!

Banyak sekali Kuman Di Smartphone kamu! Jangan heran jika sering sakit sejak menggunakan smartphone.

Jaman sekarang, orang-orang seakan tidak bisa hidup tanpa smartphone mereka. Dompet bisa ketinggalan, kunci rumah bisa ketinggalan dan kita tetap tenang. Namun jika smartphone yang tertinggal atau hilang, wah heboh! Ke manapun mereka pergi, bahkan ke toilet pun, smartphone selalu menempel di tangan. Karena itu pula smartphone merupakan salah satu barang yang memiliki paling banyak kuman. Bahkan kuman di smartphone lebih banyak dibandingkan dudukan toilet loh! Hiiii…

kuman di smartphone

Kuman atau mikroorganisme terdiri dari bakteri, fungi/jamur, protozoa, dan virus, mereka berada di mana-mana. Sebenarnya semua orang memilki bakteri masing-masing yang menempel di kulit dan di dalam tubuh kita semua. Jadi adanya kuman dan bakteri ini sangat wajar dan bukan sesuatu yang perlu kamu takuti. Bahkan untuk anak-anak, bakteri dan kuman tertentu bisa meningkatkan immune system mereka.

Namun berbeda dengan kuman/bakteri patogen. Patogen berbeda dari bakteri pada umumnya dan merupakan bakteri/kuman yang perlu kita hindari. Patogen merupakan kuman, bakteri, virus, atau mikroorganisme lain yang menyebabkan timbulnya penyakit dan infeksi. Beberapa patogen yang cukup terkenal antara lain E. coli, salmonella, ebola, virus flu burung, dan lain sebagainya. Berbagai bakteri jahat tersebut bisa kamu hindari dengan rajin-rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan di rumah terutama di dapur dan toilet, dan di transportasi umum.

kuman di smartphone

Untuk kalian yang tidak pernah lepas dari smartphone, ternyata kuman di smartphone sebagian besar adalah patogen, loh! Apalagi jika kalian merupakan tipe yang membawa smartphone ke mana saja kamu pergi termasuk ke toilet, dan jarang mencuci tangan atau membersihkan smartphone. Jika kamu penasaran, berikut ini jenis kuman yang pada umumnya ditemukan di banyak smartphone beserta penjelasan singkatnya :

  • Coliforms : bakteri ini yang sering ditemukan di feses (kotoran) binatang dan manusia, juga bisa ditemukan di tanah dan tanaman, namun tidak langsung membuat kita sakit dalam jumlah sedikit.
  • Escherichia Coli / E. coli : Mirip dengan Coliforms, E. coli merupakan patogen yang ditemukan di feses atau kotoran, dan biasanya tinggal di usus besar. E. coli memang ada banyak jenis. Jenis E. coli tertentu bahkan lebih berbahaya dari yang lain, dan bisa menyebabkan keracunan makanan serius hingga kematian.
  • Staphylococcus Aureus : Kuman/bakteri ini yang umum dan memiliki jenis tertentu yang lebih membahayakan. Jenis yang membahayakan bisa menyebabkan infeksi kulit yang serious. Kuman ini dapat berpindah melalui kontak kulit dan biasanya menyebar di rumah sakit tempat pelayakan kesehatan lain. Proses penyebarannya bahkan akan lebih cepat jika melalui smartphone.
  • Streptococcus : Kuman ini memilki 2 jenis, yaitu grup A dan grup B. Grup A merupakan bakteri yang biasanya andil pada radang tenggorokan pada anak-anak. Kuman ini bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius juga seperti demam berdarah, keracunan berat, dan sebagainya. Sedangkan grup B merupakan kuman yang lebih berbahaya lagi karena bisa menyebabkan pneumonia, infeksi saluran kemih, infeksi pada darah dan kulit, dan sebagainya.
  • Coagulase Negative Staphylococci (CoNS) : Kuman ini merupakan antibiotic-resistant dan biasanya ditemukan di kulit dan di sistem reproduksi wanita. Meskipun tidak lebih berbahaya dari Streptococcus, namun merupakan penyebab umum infeksi aliran darah.
  • Jamur/Molds : Jamur di sini bukanlah hanya jamur yang muncul dari makanan basi. Tentu jamur ini bisa menyebabkan smartphone-mu berbau, berubah warna, juga bisa menyebabkan penyakit. Terutama penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan seperti sesak napas, hidung tersumbat, demam, hingga infeksi paru-paru.
  • Clostridium Difficile : Bakteri ini bisa disebut sebagai kuman penyebab diare. Namun bisa juga menyebabkan keluhan lain seperti mual-mual, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan.
  • Corynebacterium : Bakteri ini merupakan bakteri patogen serius yang bisa menyebabkan penyakit difteri.
  • Pseudomonas Aeruginosa : Bakteri ini merupakan opportunistic pathogen, yaitu mikroorganisme yang bisa hidup dan bertahan pada berbagai macam kondisi. Mereka bisa hidup dari peralatan rumah sakit, hingga kolam renang, hingga smartphone-mu, dan bisa menjadi penyebab berbagai infeksi dari ringan hingga serius.kuman di smartphone

Aduh, terus gimana ya?

Bisa kamu lihat sendiri bakteri dan kuman di smartphone merupakan jenis-jenis patogen yang bisa menyebabkan penyakit serius. Maka itu penting sekali untuk membersihkan smartphone secara rutin. Caranya mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan alkohol dan mengelap menggunakan kapas atau tissue, atau kamu bisa menggunakan tissue antibakteri. Jangan menggunakan cairan atau tissue antibakteri yang bisa merusak layar smartphone. Tentu sejenak setelah kamu membersihkan smartphone, bakteri dan kuman akan memenuhinya kembali. Namun hal ini lebih baik untuk mengurangi jumlah bakteri dan kuman di smartphone-mu. Terutama jika sedang musim flu dan kekebalan tubuh sedang menurun, membersihkan smartphone bisa mencegahmu terjangkit penyakit yang tidak perlu.

Hal yang tidak kalah penting, sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri. Terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Lebih penting lagi, hindari membawa smartphone ke toilet. Hidupmu tidak langsung berakhir dengan buang air tanpa smartphone kok!

Selain itu, yuk belanja pembersih smartphone atau produk yang bisa membantumu menjaga kebersihan dari shop.excite.co.id! Excite Shop akan membantumu berhemat dengan menyediakan berbagai macam promo dan voucher diskon dari semua ecommerce, seperti voucher Lazada, dan sebagainya. Yuk segera belanja di SINI!

 

Sumber: Science.Howstuffworks & Buzzfeed