Ternyata Ini Fungsi Root Android Pada Smartphone Kamu, Yuk Simak!

Di dunia yang serba digital ini membuat kita semua terpacu pada gadget elektronik, termasuk salah satunya smartphone android. Namun, kadang kala kita membeli smartphone android yang spesifikasinya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan atau butuhkan saat ini. Terkadang kita ingin mengakses file, aplikasi, atau sistem android kita dengan lebih mudah, sedangkan android kita tidak berfungsi sebaik itu. Nah, disinilah fungsi root android berperan dalam smartphone android kita. Bagi kamu yang belum punya atau ingin mengganti smartphone kamu dengan smartphone android dengan spesifikasi lebih baik, kamu dapat mengakses situs Tokopedia. Tokopedia adalah toko online yang menawarkan berbagai jenis dan merek HP android yang tentunya dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan keinginan kamu. Meskipun terkadang HP android yang sudah memiliki spesifikasi bagus juga belum tentu sesuai dengan keinginan kamu, kamu tetap dapat melakukan root android.

Fungsi utama root android yang perlu kamu ketahui adalah, dengan adanya root maka pengguna android dapat menambah, mengurangi, maupun memodifikasi file-file atau data yang terletak di dalam perangkat berbasis android. Untuk smartphone berbasis android sendiri, beberapa dari file atau sistemnya memang bersifat locked, atau tidak bisa dibuka karena penggunanya tak memiliki ijin akses pada file-file tersebut. Nah, fungsi root android ini adalah untuk meng-unlock file tersebut sehingga kamu bisa menjadi administrator untuk kemudian secara bebas bisa melakukan kustomisasi seperti untuk memaksimalkan kinerja android, meng-overcloock prosesor bawaan, serta menghapus aplikasi bawaan android yang tidak perlu. Selain itu, proses rooting juga dapat digunakan untuk meng-install ROM custom dari pihak ketiga dan juga dapat digunakan untuk mem-back up aplikasi serta sistem yang ada di android. Fungsi root android juga memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi meskipun secara spesifikasi aplikasi tersebut tidak mendukung dijalankan di handset Android.

Namun, karena rooting ini merupakan tindakan ilegal maka kamu akan dihadapkan pada beberapa resiko. Salah satu resiko yang akan kamu hadapi saat melakukan fungsi root android adalah hilangnya garansi dari vendor ponselmu. Selain itu, jika fungsi dan cara root android tidak dijalankan lewat langkah yang tepat dan aman bisa berakibat pada rusaknya software ponselmu. Lebih parah lagi, jika rooting dilakukan dengan cara yang salah maka gadget kamu bisa mati total akibat kesalahan sistem.

Nah, itulah beberapa fungsi root android untuk smartphone kamu. Sekarang setelah kamu tahu fungsi root android, cobalah berpikir untuk melakukan root pada smartphone android kamu. Jika kamu takut akan kerusakan yang mungkin akan terjadi jika kamu melakukan root android, tidak ada salahnya mengunjungi situs Tokopedia untuk mengecek harga smartphone android baru yang sesuai dengan keinginan kamu.

 

Leave a Reply