Penyebab Laptop Lemot & Tips Mengatasinya!

Tips agar laptop tidak lemot, dan nikmati voucher diskon Lazada dari Excite Shop

Memang paling menyebalkan ketika laptop sedang lemot-lemotnya di kala kita sedang sibuk-sibuknya. Rasanya ingin melempar dan menghempaskannya ke lantai. Sabar… Mungkin kita perlu memahami terlebih dahulu kenapa laptop bisa menjadi lemot. Tapi sebelumnya, jangan lupa cek diskon Lazada di shop.excite.co.id dan nikmati berbagai potongan kupon voucher diskon semua ecommerce di Indonesia!

Kembali ke laptop lemot. Terkadang bahkan bisa freezing atau hang dan mati mendadak. Uugh! Menyebalkan banget deh jika kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting. Sebenarnya banyak sekali yang menyebabkan laptop menjadi lemot, baik dari software maupun hardware. Namun pada umumnya, biasanya penyebabnya adalah hal berikut :

1) Terlalu Banyak Program

diskon lazada

Terlalu banyaknya program yang diinstal di dalam laptop dapat menjadi salah satu penyebab lemotnya laptop kamu, karena kinerja semua program dan aplikasi akan memakan resource memori. Untuk itu, coba uninstall program dan aplikasi yang tidak diperlukan atau yang sudah habis masa trial-nya. Selain itu, hindari juga menjalankan banyak program sekaligus. Contohnya saja ketika browsing internet, semakin banyaknya tab yang kita buka, maka kecepatannya juga semakin menurun. Maka cobalah bekerja satu per satu. Tutup saja program atau tab yang tidak kamu butuhkan lagi.

2) Kapasitas Hard Disk

diskon lazada

Kapasitas hard disk yang penuh, khususnya pada drive tempat kita meng-install sistem operasinya akan mempengaruhi kecepatan laptop tersebut. Maka pastikan masih ada cukup ruang kosong drive tersebut. Selain itu, ada pula beberapa masalah yang bisa dialami hard disk seperti hard disk terfragmentasi, bad sector, rpm menurun, dan lain sebagainya. Bad sector adalah kerusakan pada salah satu sektor hard disk yang biasanya terjadi karena laptop terjatuh atau terbentur. Bad sector bisa melambatkan pembacaan file sebuah program, sehingga laptop menjadi lemot atau tiba-tiba nge-hang. Ini dapat diatasi dengan cara mem-format ulang laptop, atau jika sudah sangat parah kamu harus mengganti hard disk. Selain itu, jika dirasa perlu kamu bisa juga meng-upgrade hard disk agar lebih maksimal performanya.

 

3) Virus

diskon lazada

Nah, ini! Laptop yang lemot kemungkinan besar sekali terserang virus. Sebagian virus tinggal di memori ketika laptop pertama kali booting, ada juga tipe virus yang sengaja menambah beban memori yang akhirnya memperlambat kinerja laptop. Contohnya adalah Adware. Indikasi Adware adalah ketika kamu membuka browser dan langsung muncul iklan dari search engine atau homepage yang bukan default dari browser tersebut. Ini kemungkinan terjangkit karena kamu pernah meng-install suatu software tanpa mengerti dan membacanya terlebih dahulu. Tapi tenang! Kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan Adware Remover. Selain itu sekarang ini banyak juga jenis virus yang bisa memperbanyak dirinya sendiri sampai merusak file dan membuat laptop menjadi sangat lambat. Maka penting sekali untuk memasang anti virus yang selalu di-update. Selain itu jangan lupa juga untuk melakukan scanning secara teratur.

4) Suhu Terlalu Tinggi

diskon lazada

Semakin lama kamu menggunakan laptop, biasa akan banyak debu yang di bagian dalam laptop. Debu yang menumpuk akan menghambat sirkulasi udara laptop. Lama kelamaan, suhu laptop akan meningkat sehingga terasa panas. Suhu panas inilah yang akan menurunkan kinerja laptop menjadi lemot. Maka perlu untuk mengistirahatkan laptop beberapa jam sekali, dan sebaiknya sering-sering lah membersihkan bagian-bagian laptop seperti fan dan bagian sirkulasi udaranya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cooling pad untuk membantu mendinginkan mesin. Jangan lupa belinya dari shop.excite.co.id dan nikmati voucher diskon Lazada yah!

5) RAM Tidak Cukup

diskon lazada

Kapasitas RAM yang terlalu kecil juga bisa mempengaruhi kinerja laptopmu. Semakin kecil kapasitas RAM, semakin kecil kecepatannya dalam mengeksekusi perintah. Maka akan terjadi penumpukan perintah yang membebani sistem. Jika memang kebutuhanmu menggunakan laptop tidak terpenuhi dengan jumlah RAM yang kecil, kamu bisa melakukan upgrade RAM. Namun perlu diperhatikan apakah komponen software dan hardware laptop mendukung atau tidak. Selain itu, perlu juga mempertimbangkan jenis prosesor, sistem operasi, besar memori, dan masa garansi sebelum meng-upgrade RAM.

Nah itu tadi adalah penjelasan tentang penyebab lemotnya laptop kamu dan bagaimana kamu mengatasinya. Jika kamu berniat mengganti laptop baru sekalian, jangan lupa ke shop.excite.co.id dan nikmati kupon voucher diskon Lazada dan semua ecommerce yang paling ter-update!