Yuk Kenalan Sama Beberapa Macam Jenis Kabel USB!

Beberapa Macam Jenis Kabel USB

Ada Beberapa Macam Jenis Kabel USB yang mungkin kalian cukup sering temukan, baik saat ingin membeli produk baru atau produk yang sudah lama kalian miliki. Tapi, kalian tahu ga sih ada apa saja jenis kabel USB yang biasa digunakan? Ada berapa jenis kabel USB itu? Yuk kita kenalan lebih jauh beberapa macam jenis USB ini!

Kabel USB memang menjadi kabel yang paling sering digunakan pada perangkat elektronik modern saat ini, alasan tersebut dikarenakan kabel USB (Universal Serial Bus) memiliki desain standar yang bisa digunakan pada banyak perangkat elektronik mulai dari printer, scanner, keyboard, mouse, hingga smartphone. Perangkat-perangkat tersebut memang tidak lepas akan kebutuhan kabel USB.

Namun ternyata kabel USB tidak hanya berjenis satu saja, melainkan ada banyak sekali jenis-jenisnya berdasarkan versi dan sebagainya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai berbagai macam jenis kabel USB.

Beberapa Macam Jenis Kabel USB – Tipe

USB 1.1

Tipe kabel USB 1.1 ini merupakan versi kabel USB yang rilis paling pertama yakni pada tahun 1988 silam, dan memiliki kecepatan transfer data hingga 12 Mbps per detiknya. Namun beberapa pengguna terdahulu berujar bahwa kabel USB tipe ini sebenarnya hanya mampu bekerja pada kecepatan 1.2 Mbps saja. Terlepas dari benar atau tidaknya, yang pasti versi kabel USB ini sudah tidak digunakan lagi dalam dunia teknologi.

USB 2.0

Kabel USB 2.0 ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000 dan membawa berbagai fitur yang lebih baik dari sebelumnya seperti memiliki kecepatan hingga 480 Mbps serta sudah didukung Hi-Speed Mode. Setelah peluncurannya, kabel USB ini resmi menjadi pengganti versi terdahulunya. Namun karena masih ada versi USB generasi selanjutnya, maka versi 2.0 ini juga turut tergantikan dengan versi yang baru.

USB 3.0

Tepatnya pada tahun 2008 lalu, kabel USB 3.0 dirilis dengan fasilitas yang lebih komplit dari sebelumnya. Bahkan tidak tanggung-tanggung, versi ini sudah memiliki kecepatan transfer hingga 5 Gbps pada mode SuperSpeed. Salah satu ciri dari USB ini biasanya memiliki konektor dan socket berwarna biru yang merupakan tanda perbedaan dari versi sebelumnya.

USB 3.1

Kabel USB 3.1 merupakan hasil perkembangan dari versi 3.0 sekaligus adalah versi keempat dari seluruh kabel USB. Versi 3.1 ini rilis pada tahun 2013 dan sudah disempurnakan dari versi sebelumnya. Dari segi kecepatannya sendiri, USB 3.1 memiliki kecepatan 2 kali lebih tinggi dari versi USB 3.0 yaitu 10 Gbps. Sehingga versi ini diberi istilah sebagai USB SuperSpeed+, atau standar dengan kabel USB fastcharging Thunderbolt milik Apple.

Beberapa Macam Jenis Kabel USB – Port

USB Type-A

USB Type-A merupakan kabel USB standar yang banyak digunakan pada perangkat-perangkat elektronik seperti PC, Laptop, media player, hingga game console. USB ini biasanya berbentuk persegi panjang yang mungkin sudah sering kita lihat pada perangkat-perangkat elektronik.

Untuk port-nya sendiri, kabel USB Type-A memiliki dua varian ukuran, yang antara lain adalah mini dan micro seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Namun sangat disayangkan, kedua port USB Type-A sudah tidak lagi digunakan.

USB Type-B

USB Type-B ini biasanya memiliki konektor yang sama seperti Type-A, yakni sama-sama mempunyai bentuk persegi panjang. Namun untuk port-nya sendiri, USB Type-B memiliki 3 varian ukuran yaitu Standart, Mini, dan Macro dengan versi 2.0.

Selain versi 2.0, kabel USB Type-B juga dihadirkan untuk USB versi 3.0 yang tentu memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari versi 2.0. Berikut adalah penampakannya.

USB Type-C

Desain USB Type-C memang diselaraskan untuk mendukung versi kabel USB 3.1 yang mampu menghantarkan tegangan supply hingga 20V (100W) dan 5A. Kehebatan lainnya adalah USB Type-C ini juga mampu menghantarkan tegangan supply bi-directional power yakni 2 arah. Dan karena demikian, jenis USB ini sendiri kerap digunakan untuk mengisi daya perangkat laptop dan notebook yang membutuhkan arus yang lebih besar.

Itulah macam-macam jenis USB berdasarkan tipe dan port-nya, yang bahkan pernah dan masih digunakan hingga saat ini. Namun kedepannya mungkin saja kabel USB akan terus diciptakan menjadi yang lebih baik lagi. Kita lihat saja.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *